Saat ini banyak perusahaan melakukan perekurtan karywan melalui dunia maya atau bisa di bilang pelrushaan meminta pelamar mengirim lamaran lewat surat elektronika atau yang sering di sebit dengan "Email", Bagi anda yang sdah terbiasa dengan email pasti anda sudah mengetahui nya dengan mudah. namun banyak juga terjadi kesalahan yang di lakukan pelamar dalam mengirim email lamaran kerja nya.
Lamran kerja yang di kirim mealui email tentu saja tidak lepas dari berkas yang adna kirim sperti hasil Scan ijazah / Transkip Nilai, scan KTP,Foto terbaru pelamar dan berkas lain nya yang di rasa perlu. agar tidak memperpanjang tulisan langsung saja saya kasih tahu yang harus anda lakukan untuk mengirim lamaran kerja melalui email.
sumber : tipskarir.com
ALAMAT EMAIL
Alamat email tentu nya harus ada karena dengan ini lah kita mengirim lamaran, yang harus di perhatiakan adalah gunakan alamat email yang mudah dan singakat, jangan yang aneh aneh dan terlalu alai, seperti
Akangsyyyyyyyyangbudi@...... cliberita4syg@...., ataupun alamt lainya yang sangat aneh di baca, buatlah alamt email dengan singkat dan mudah di ingan. bagus nya gunaan alamat email dengan nama sendiri.
EMAIL OFFICIAL ATAU EMAIL GRATISAN
Agar sedikit beribawa usahakan gunakan email yang berbayar seperti email@jimy.com, admin@lokerkerjabaru.com, karna hal ini anda akan d anggap pofesional, namun itu semua hanya nilai plus dan bila anda tidak memiliki domain sendiri bisa juga gunakan email gratis tapi lebih bagus mengguankan gmail dan yahoo karan terkenal dengan kecepatan pengriman datanya yang bagus.
FORMAT FILE
Dalam pengiriman berkas lamaran usahakn format yang anda krimkan adalah format .doc, rtf ataupun pdf. pasikan diisi dengan sebnar benar nya dan juga lengkapi isi nya agar menarik perhatian perushaan tersebut, masukan berkas seperti CV, Foto dan beri nama file tersebut nama anda.
UKURAN FILE/ BERKAS
Pengiriman berkas juga harus di perhatikan pada ukuran file tersebut , seperti scan ijazah/transkip nilai ,scan KTP, dan scan-scan lainnya. maka dari itu usahakan ukuran file nya sangat kecil tapi jelas agar tidak membuat loading terlalu lama dalam membuka file tersebut, banyak perusahaan meminta agar pelamar mengirim file kurang kurang dari 1mb.
PENGGABUNGAN FILE/BERKAS
Jika berkas / foto yang akan anda kirimkan terlalu banyak, tentu nya akan sangat memenuhi badan email. oleh karena itu satukan file yang berformat gambar dan bentuk lah format zip dan berilah nama yang jelas agar tidak membingungkan perusaha.
URAIAN SINGKAT
Jika masalah berkas berkas sudah selesai, maka yang harus anda perhatikan adalah jangan lupa untuk memberikan surat pengantar yang berisi uraian singkat, yang isi nya berupa kalimat yang mengarah kepada " mengapa anda ingin bekerja diperushaan tersebut" buat lah uraian singkat namun jelas.
mudah mudahan dari tips diatas bisa membantu anda dalam melamar pekerjaan melalui via email karena sebenarnya diterima atau tidak nya anda oleh persahan tersebut tergantung dari kemampuan dan skil diri kita sendiri, dan urain urain kata yang bisa menarik perushaan tersebut untuk memilih anda untuk bekerja di peruhaan mereka.
Sumber : Gudangloker.com